WAKTU

Pages

Minggu, 21 Desember 2014

TIPS MEMILIH DAGING AYAM

Ayam adalah salah satu jenis unggas yang banyak diperlihara karena selain mudah, Ayam juga termasak hewan yang bisa diolah dan dikonsumsi dan ayam adalah makanan berupa lauk yang sangat vavorit di keluarga indonesia pada umumnya. Banyak variasi masakan yang bisa diolah dengan bahan dasar Ayam mulai dari di ayam goreng, ayam kentucky, ayam panggang, ayam penyet dan ayam bakar.
Memasak Ayam memang sangatlah mudah, namun dengan semakin banyaknya permintaan konsumen akan Ayam para pedagang pun banyak yang menghalalkan segala cara agar bisa meraup keuntungan salah satunya dengan menjual ayam busuk dan tidak baik untuk di konsumsi.
Agar kualitas dan sehatnya daging Ayam bisa kita dapatkan, Anda harus teliti dan bijak dalam memilih daging ayam yang dijual di pasar ataupun di tempat belanja yang menyediakan berbagai jenis daging.
Untuk memudahkan Anda sebagai konsumen, berikut beberapa tips dalam memilih dan membeli daging ayam yang masih segar.
1. Periksa Warnanya
Umumnya, ayam yang masih segar memiliki warna yang cerah dan merah muda tanpa ada warna-warna lainnya seperti bintik-bintik memar dan kehitaman.
Ketika memilih, pastikan Anda memeriksa ayam pada setiap bagiannya mulai dari kulit, mata hingga sayap apakah pada bagian-bagian tersebut cenderung menunjukan penanganan ayam yang bagus atau tidak.
2. Kemasan
Di beberapa Supermarket, banyak Ayam yang dijual dengan kemasan plastik dan sudah di potong-potong bagian-bagian tubuhnya.
Memilih ayam yang sudah dikemas, tentu Anda tidak akan diijinkan membuka kemasannya. Namun, untuk memilih mana yang terbaik, Anda bisa mengamati warna, tekstur daging, dan apakah kemasan tersebut masih tertutup rapat atau tidak.
3. Aroma Daging
Selain meneliti apakah dagingnya tersebut segar atau tidak, ketika memilih Ayam pun Anda bisa menggunakan Indera Penciuman Anda dengan baik.
Ketika memilih daging ayam, pastikan Anda memilih daging yang segar tanpa bau sedikit pun. Bau atau Aroma Ayam snagat menentukan kedegaran ayam, karena umumnya Ayam yang memiliki aroma amis menyengat sudah tidak segar dan tidak boleh dikonsumsi.
4. Tekstur daging ayam
Umumnya Ayam yang segar, ketika ditekan kulitnya akan terasa kenyal dan bila kulitnya tenggelam, serta terasa keras, maka Ayam tersebut bukanlah ayam yang segar.
Ketika memilih Ayam yang segar, pastikan Anda juga menghindari memilih daging yang memiliki kulit bengkak karena umumnya daging yang seperti itu sudah disuntik air oleh penjualnya untuk menipu pelanggan supaya terlihat lebih berat.
Dikutip dari hero supermarket

0 komentar:

Posting Komentar